/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Apakah Arduino itu?


Arduino awalnya dibangun untuk desainer dan seniman - orang dengan keahlian teknis sedikit. Bahkan tanpa pengalaman pemrograman, Arduino memungkinkan mereka untuk membuat prototipe desain yang canggih dan beberapa karya seni interaktif yang menakjubkan. Jadi, seharusnya tidak mengejutkan bahwa langkah pertama dengan Arduino sangat mudah, bahkan lebih mudah lagi untuk orang-orang dengan latar belakang teknis yang kuat. Akan tetapi mendapatkan dasar-dasar yang. Anda akan mendapatkan hasil maksimal bekerja dengan Arduino jika Anda terbiasa dengan papan Arduino sendiri, dengan perkembangan dari Arduino sendiri, dan dengan teknik seperti komunikasi serial.

Satu hal yang perlu dipahami sebelum memulai komputasi fisik. Jika Anda telah bekerja dengan komputer sebelumnya, Anda mungkin akan bertanya-tanya, apakah maksud dari komputasi fisik? Karena komputer sendiri adalah benda fisik dan menerima input dari keyboard dan mouse. Mereka memberikan output berupa suara dan video untuk speaker fisik dan menampilkan gambar. Jadi, bukankah semua komputasi pada komputer adalah komputasi fisik pada akhirnya?

Pada prinsipnya, komputasi biasa adalah bagian dari komputasi fisik. Keyboard dan mouse adalah sensor untuk input dari dunia nyata, dan display (seperti monitor dan speaker) atau printer adalah aktuator yang membuat sesuatu dari dunia maya menjadi nyata. Tapi mengendalikan sensor khusus dan aktuator menggunakan komputer biasa sangatlah sulit. Jika menggunakan Arduino, hal tersebut akan menjadi sangat mudah.

Di dalam bab ini Anda akan belajar bagaimana Anda akan memulai dengan komputasi fisik dengan belajar bagaimana mengontrol Arduino, alat-alat apa saja yang Anda butuhkan, dan cara menginstal dan mengkonfigurasi mereka. Kemudian kita akan cepat sampai ke bagian yang menyenangkan; Anda akan mengembangkan program pertama Anda untuk Arduino.

Para pemula sering bingung ketika mereka menemukan proyek Arduino.Bila mencari Arduino, mereka sering menemukan nama-nama aneh seperti Uno, Duemilanove, Diecimila, LilyPad, atau Seeduino. Masalahnya adalah bahwa Arduino bukanlah satu barang saja.

Beberapa tahun yang lalu tim Arduino merancang sebuah papan mikrokontroler merilisnya di bawah secara open source. Anda bisa membeli papan-papan elektronik yang telah dirakit sepnuhnya di beberapa toko-toko elektronik, namun orang-orang juga bisa mendownload skematiknya dan merancang sendiri papan tersebut.

Selama bertahun-tahun tim Arduino meningkatkan desain papan dan merilis beberapa versi baru. Mereka biasanya memiliki nama-nama Italia seperti Uno, Duemilanove, atau Diecimila, dan Anda dapat menemukan daftar semua papan yang pernah diciptakan oleh tim Arduino. Lihat gambar di bawah ini.


Mereka mungkin berbeda dalam penampilan mereka, tetapi mereka memiliki banyak kesamaan, dan Anda dapat memprogram mereka semua dengan alat dan library yang sama. Selain papan resmi, Anda juga dapat menemukan berbagai tiruan Arduino yang tak terhitung jumlahnya di internet. Semua orang diperbolehkan untuk menggunakan dan mengubah desain papan asli, dan banyak orang membuat versi mereka sendiri dari papan Arduino, misalnya Freeduino, Seeduino, Boarduino, dan Paperduino yang papan sirkuitnya berupa kertas.

Arduino adalah merek dagang terdaftar dan hanya papan resmi yang diberi nama"Arduino". Tiruan-tiruannya biasanya diakhiri dengan”duino.”Anda dapat menggunakan setiap tiruan yang sepenuhnya kompatibel dengan Arduino asli untuk membangun semua proyek di dalam tutorial yang akan di bahas pada postingan-postingan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar