/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Cara instal software .exe di Ubuntu


Salam Elektro JAYA ^_^
Pagi nih teman-teman, pagi ini tepatnya pukul 01:48 pagi aq baru dapet inspirasi nih mau ngisi apa di blog kali ini. Karena di organisasi ku mau ngadain acara seminar nasional Internet Security dan diwajibkan OS-nya menggunakan Ubuntu maka aq mulai belajar deh bagaimana cara instalnya, bagaimana tools-nya, cara instal aplikasinya, dll. Sebenarnya dulu aku sudah pernah make atau instal Ubuntu di laptop ku yang dulu, tp make Linux Minth. dan saat mau instal aplikasinya harus masuk ke terminal terlebih dahulu. Apaan tuh "Terminal", ?? :-D Tadinya sih gx tau apa itu terminal, tapi setelah bel;ajar akhirnya tau juga.. :-D
Terminal yang ada di Ubuntu atau Linux-linux yang lain itu samahalnya "cmd"-nya di Windows teman-teman. Intinya itu terminal berfungsi untuk memasukkan perintah untuk konfigurasi install dll. Mungkin bagi sebagian orang yang baru-baru memakai Linux akan kesusahan bagai mna mauk ke Terminal tersebut. Dimanakah letak Terminal tersebut ?
Sebenarnya gampang banget teman-teman, gini nih caranya:
  • Klik dash home (start atas) lalu ketikkan terminal
  • atau tekan tombol Ctrl + Alt + T (default jika belum diganti) :-D
Maka akan masuk ke Terminal:
Cara Masuk Terminal Ubuntu
Gimana teman-teman, mudah kan....
Sekarang, kita masuk ke pembahasan kita, yaitu "Bagaimana Cara Instal Software .exe di Ubuntu" . Kalian bisa masuk terminal, kemudian ketikkan pada terminal: gksu gedit /usr/share/applications/wine.desktop. Cari tulisan Exec=cautious-launcher %f wine start /unix. Kemudian ganti dengan Exec=wine start /unix %f. Kemudian silahkan deh buka file (dot)exe-nya. atau mungkin bagi kalian yang mau instal software (dot)exe, silahkan jalankan file setup.exe-nya, dan instal seperti pada Windows pada umumnya.
Mungkin ada cara lain lagi, yaitu menggunakan "wine", tapi kita bahas lain waktu lagi ya teman-teman. :-)

0 komentar:

Posting Komentar