/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

COUNTER di ZELIO SOFT

Counter mirip dengan timer, tetapi counter tidak beroperasi dengan clock internal. Counter tergantung pada program sumber atau eksternal untuk menghitung. Counter pada zeliosoft merupakan fungsi blok yang digunakan untuk menghitung naik atau turun pulsa input. Fungsi counter (penghitung) dapat direset ke nol atau pada nilai yang ditetapkan sebelumnya (preset value), tergantung pada parameter yang dipilih sat digunakan. Nilai preset value dapat diubah dari 0 sampai 9999.

Zeliosoft menyediakan dua jenis counter blok, yakni counter (061) dan fast counter (061 fast). Kedua jenis counter ini diperlihatkan pada gambar 3.28. setiap blok counter memiliki koil dan kontak. Koil berfungdi untuk melakukan hitungan dan setting parameternya. Kontaknya berfungsi untuk mengetahui apakah nilai yang ditetapkan telah tercapai (upcounting), atau sebaliknya nilai 0 telah tercapai (downcounting).


Gambar 2.29 Counter pada Zeliosoft

Setiap counter Smart Relay zelio logic memiliki 1 kontak dan 3 koil yang terkait antara lain :
  • Kontak C : kontak yang aktif jika counter yang berhubungan mencapai nilai 0 atau preset value.
  • Coil CC : setiap kali coil aktif, nilai pada counter bertambah atau berkurang 1 sesuai dengan arah menghitung (DC) yang ditentukan (jika tidak menggunakan coil DC maka nilai pada counter bertambah 1 setiap kali koil CC aktif.
  • Coil RC : reset awal nilai counter/mengembalikan nilai counter pada kondisi awal. Aktifnya coil ini memiliki efek sebagai berikut :
  1. Mengembalikan hitungan ke nol jika jenis counter yang dipilih adalah upcounting.
  2. Mengembalikan hitungan ke nilai yang ditentukan (preset value) jia jenis counter yang dipilih adalah downcounting.
  • Coil DC : coil ini menentukan arah perhitungan sesuai dengan statusnya. Ini berarti :
  1. Downcounts jika koil DC aktif.
  2. Upcounts jika koil DC tidak aktif.
 

Gambar 2.30 Parameter Counter pada Zeliosoft

Berdasarkan parameter counter (061) pada gambar 3.29, ada dua pilihan untuk menetapkan hitungan counternya, yakni : 
  1. Output ON when the preset value is reached. Ini berarti bahwa kontak CCx akan ON bila hitungan telah mencapai preset valuenya. Opsi digunakan sebagai enghitung naik (counter up). 
  2. Output ON when the reset value is reached 0. Ini berarti bahwa counter akan menghitung mundur mulai dari preset valuenya sehingga bila hitungan telah mencapai 0, kontak CCx akan ON. Opsi ini digunakan sebagai penghitung turun (counter down).

0 komentar:

Posting Komentar