/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

BAB 1 - Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik - PENGHAPUS

 Lanjutan BAB I

Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik

F.    Penghapus

penghapus? Tahukah kamu cara menggunakan penghapus! Penghapus termasuk salah satu perlengkapan alat tulis yang digunakan untuk menghilangkan tanda yang dihasilkan dengan pensil. Untuk menjawab rasa ingin tahumu, ayo pelajari uraian materi berikut!

 

1.    Macam-macam Penghapus

Penghapus secara umum dibedakan menjadi dua macam, yaitu penghapus lunak untuk menghapus gambar pensil dan penghapus keras untuk menghapus gambar tinta.

a.      Penghapus Lunak

Penghapus lunak digunakan untuk menghapus goresan pensil. Untuk dapat menghapus dengan maksimal, menggunakan penghapus dengan mutu yang baik. Penghapus yang baik adalah dapat menghilangkan garis dari pensil maupun kotoran namun tidak merusak kertas.


Penghapus Lunak

b.      Penghapus Keras

Penghapus keras merupakan penghapus khusus yang digunakan untuk menghapus tinta. Dalam penggunaannya, penghapus keras sama seperti penghapus lunak, perbedaannya terletak pada material dan objek yang dihapus. Ketika melakukan penghapusan garis yang salah atau kotor, diusahakan tidak sampai merusak kertas gambar. Penghapusan dilakukan dengan cara gerakan satu arah (tidak bolak-balik) dan dianjurkan penekanan tidak terlalu kuat atau keras.


Penghapus Keras

 

2.    Pelindung Penghapus

Pelindung penghapus digunakan untuk melindungi garis atau bagian lain yang berdekatan dengan bagian yang akan dihapus. Alat ini memiliki beberapa lubang. Bagian yang tampak pada lubang saja yang akan terhapus, sedangkan bagian lainnya tetap terlindungi.

Pada umumnya pelindung poanghapus terbuat dari material plat alumunium atau plastik yang tipis. Pada pelindung penghapus terdapat beberapa bentuk lubang. Dalam penggunaannya harus sesuaikan dengan garis yang ingin dihapus pada gambar. Penggunaan pelindung penghapus adalah dengan meletakkan ai atas garis yang akan dihapus. Setelah pemakaian, pelindung penghapus perlu segera dibersihkan sebab terkadang sisa penghapus menempel pada pelindung penghapus.


Pelindung Penghapus

 

 <<< Kembali ke Sub-Bab E (Jangka)

 Lanjut ke Sub-Bab G (Mal) >>>

0 komentar:

Posting Komentar