/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Pemakaian Cable Gland


Cara pemakaian cable gland yang baik dan benar dapat bergantung pada jenis cable gland dan merek dari cable itu sendiri. Fungsi dan tujuan pemakaian cable gland sendiri adalah untuk melekatkan dan mengamankan kabel. Selain itu, cable gland juga berfungsi untuk mengurangi stres pada terminal dan tembaga yang diterminasi. Terdapat beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan cable gland.

Alasan Menggunakan Cable Gland

Beberapa alasan penggunaan cable gland tersebut adalah kabel tidak banyak bergerak sehingga menghindari lecet, memastikan keamanan kabel, memastikan grounding yang sempurna atau lebih baik, dan mengisolasi udara sehingga memperkecil kemungkinan kebakaran. Dari penjelasan mengenai alasan penggunaan cable gland tersebut, Anda bisa menilai bahwa peran cable gland tidak dapat diremehkan sama sekali.

Fungsi utama dari cable gland itu sendiri bukanlah kerapian dan tata kabel, melainkan mengamankan perangka dan memastikan proteksi terhadap alat-alat listrik. Cable gland dapat dipasang pada material metal maupun non-metal atau kombinasi keduanya. Perbedaan jenis pada cable gland akan memengaruhi tingkat proteksi dan material atau zat apa saja yang dapat ditangkis oleh cable gland.

Cara Memilih Cable Gland

Cara memilih cable gland tentu harus benar, sebagaimana cara pemakaian cable gland yang juga harus benar. Kesalahan pada pembelian cable gland dapat berakibat buruk pada kinerja industri maupun memiliki risiko keamanan yang tinggi. Sebelum memilih dan membeli cable gland, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan penyortiran terlebih dahulu.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelu membeli cable gland adalah jenis cable gland, ukuran cable gland, jenis material cable gland, fitur proteksi tambahan, tipe mounting, dan standardisasi produk. Tanpa memperhatikan beberapa hal tersebut, mustahil Anda mendapatkan cable gland yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam memilih ukuran cable gland, terdapat beberapa hal yang perlu Anda cermati dan ketahui.

Pastikan Anda mengetahui ukuran konstruksi, jenis dan ukuran armour braid, diameter kabel, inner breeding, dll. Material cable gland pun bermacam-macam. Terdapat 3 material utama cable gland. Ketiganya adalah metal, plastik, dan nilon. Masing-masing material memiliki kegunaan yang berbeda. Cable gland metal digunakan pada industri kimia, teknologi, dan pada lingkungan yang membutuhkan stabilitas mekanik dan kimia yang baik.

Cable gland dengan material metal ini tahan lama dalam waktu yang lama dan bahkan di kondisi basah sekalipun. Bagaimana dengan keunggulan dua bahan cable gland lainnya? Cable gland plastik memiliki kelebihan mampu beradaptasi dengan beragam jenis peralatan dan tahan terhadap air asin, dan beberapa zat kimia lemah. Cable gland nilon didesain khusus untuk lingkungan luar ruangan dengan paparan sinar ultraviolet (UV).

Pasang Cable Gland dengan Menyewa Jasa Pasang

Pemasangan cable gland sangat dianjurkan dilakukan dan dipraktikkan oleh para profesional yang sudah berpengalaman. Jika tidak, pemasangan yang dilakukan mungkin saja kurang sempurna atau bahkan salah. Akibatnya fungsi dan kegunaan cable gland tidak sepenuhnya muncul. Apalagi jika Anda sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam hal pemasangan atau dunia industri dan kelistrikan.

Anda perlu berhati-hati jika melakukan pemasangan sendiri, terlebih jika Anda tidak mengetahui cara pemakaian cable gland yang baik dan benar. Manfaatkan jasa pemasangan cable gland yang biasanya tersedia di tempat penjualan cable gland itu sendiri Anda tentu tidak mau membeli cable gland yang cepat rusak. Belilah cable gland dengan merek ternama berkualitas untuk menjamin kualitas dan terutama durabilitas cable gland.



0 komentar:

Posting Komentar