/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Dengan Inverter VFD atau VSD Menggunakan Inverter ABB ACS355

ABB, merupakan perusahaan yang sangat populer di dunia industri. Perusahaan asal Swiss ini banyak sekali memberikan produk-produk untuk berbagai solusi industri. Mulai dari solusi untuk distribusi tegangan listrik, drive, control. Discrete dan process automation, dan lain-lain, lengkapnya bisa dilihat di google atau wikipedia.

Dalam postingan ini akan kami akan mencoba menampilkan cara instalasi sederhana inverter atau di judul atas variable speed drive ABB ACS355. Dalam tulisan ini akan ditekankan pada wiring / koneksi kabel mulai dari kabel utama / main power, lalu rangkaian kontrol dst.

Dalam tutorial ini kita akan ambil sample untuk kontrol motor dengan menggunakan 1 buah tombol on dengan lampu indikator hijau, 1 buah tombol off, 1 buah tombol mushroom. Untuk menjalankan motor, tekan tombol ON satu kali, motor akan jalan, lampu indikator warna hijau akan menyala. Tekan tombol OFF 1 kali, motor akan berhenti, lampu indikator akan mati. Tombol mushrom untuk antisipasi bila terjadi kondisi darurat untuk mematikan motor.


Diagram Inverter Motor Control ABB


















Cara Kerja Wiring Diagram:

Relay akan ON bila tombol S2 ditekan, dan kondisi ON akan terkunci dengan kontak K1 NO 21 dan 24. Kontak K1 11 dan 14 yang juga ikut ON, akan memberikan tegangan 24 VDC ke terminal no 12 sebagai DI, untuk perintah start inverter.

Selama inverter running, status inverter/motor run dikeluarkan melalui terminal no 19 yang merupakan digital output relay. Tegangan 24VDC terminal no 19 berasal dari terminal no 17 yang tersambung ke terminal no 9 sebagai sumber tegangan 24 VDC. Tegangan ini digunakan untuk menyalakan lampu indikator, sebagai mimic, untuk status motor RUN.

Bila tombol S3 ditekan. Tegangan yang mensuply relay K1 akan terputus, menyebabkan relay mati. Efeknya tegangan yang masuk ke digital input untuk start motor juga hilang. Motor akan STOP dan lampu indikator akan mati. Tombol S3 fungsinya sama dengan tombol S1 bila ditekan. Hanya jenis mushrom button memudahkan untuk mengeksekusi dalam kondisi emergency.


Push Button dan Indikator


























Push button untuk start stop kami pisahkan. Mushrom button dengan box tersendiri. Push button warna hijau diatas menggunakan iluminated button. Dilengkapi juga dengan lampu LED 24 VDC. Bila status motor ON, lampu akan menyala. Sedang tombol warna merah untuk STOP, meskipun menggunakan tipe iluminated, tetapi tidak dilengkapi lampu. Maklum tergantung persediaan. Lagian aneh juga tombol stop ada lampunya.


Koneksi di terminal Inverter


























Diatas adalah ilustrasi asli, mohon maaf kabel semi semrawut, karena memang belum dirapikan.  Tapi secara fungsi perfekto. Rangkaian diatas memanfaatkan 24 VDC dari invereter untuk menghidupi semua kebutuhan kontrol, mulai dari relay, push button, lampu LED untuk indikator, dan juga untuk suplay ke input inverter. Hemat.


Layout Panel Inverter

Gambar diatas adalah sekedar ilustrasi untuk mempermudah khayalan. Desain bisa sesuai selera masing-masing.

Untuk cara seting parameter akan kami posting di kesempatan mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar