/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Konstruksi Terminal Motor Listrik 3 Fasa Bintang-Segitiga

Instalasi motor adalah bagaimana memasang instalasi pada motor listrik agar motor listrik dapat bekerja secara optimal. Pada dasarnya motor listrik dapat dibagi sesuai kebutuhan fasanya menjadi dua, yaitu motor listrik 1 fasa dan motor listrik 3 fasa. 

Untuk motor 1 fasa kita hanya perlu menghubungkan terminal fasa dan netral ke sumber tegangan. Sedangkan untuk motor 3 fasa, terdapat 2 hubungan dasar yaitu hubungan bintang (atau star atau Y) dan hubungan segitiga (atau delta atau ∆). Hubungan bintang atau segitiga dipilih berdasarkan kebutuhan dan kemampuan sumber tenaga listrik yang tersedia. 

Pada Motor 3 fasa akan terdapat 6 terminal, yaitu terminal U, V, W, X, Y, Z. Pada hubungan bintang, kita akan mengkopel terminal X, Y & Z, dan menghubungkan sumber fasa R, S & T ke terminal U, V & W. Pada hubungan Segitiga, Kita akan mengkopel terminal U dengan terminal Y, Terminal V dengan terminal Z, terminal W dengan Terminal X, dan  menghubungkan fasa R, S & T ke terminal U, V  & W.


Pada dasarnya, hubungan bintang akan membuat putaran motor lebih lambat dari hubungan segitiga, karena tegangan yang diterima di ujung – ujung kumparan hubungan bintang akan lebih rendah bila dibandingkan dengan hubungan segitiga.

0 komentar:

Posting Komentar