/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Jenis Kabel Skun atau Sepatu Kabel & Fungsinya – Jenis Kabel Skun SC


Kabel skun atau cable shoes merupakan connector kabel yang digunakan sebagai penyambung antara kabel dengan alat listrik dan komponen listrik. Ada beragam jenis kabel skun/sepatu kabel, salah satunya adalah kabel sekun model SC. Kabel skun SC terbuat dari tembaga yang di krom, sehingga tidak mudah oksidasi dan berkarat. Finishing krom pada kabel lugs SC dapat berwarna krom doff atau krom mengkilap, namun keduanya memiliki fungsi dan ketahanan yang sama.

Ukuran kabel schoen SC beragam dari ukuran kecil 4 mm hingga ukuran 630 mm, dengan ukuran lubang baut yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan pemasangan. Pada umumnya tipe kabel skun SC tertulis sebagai kabel skun SC xx-xx (contoh: kabel skun SC  35-8). Nomor yang di depan menunjukan ukuran kabel pade terminal kabel skun tersebut. Ukuran kabel skun SC menggunakan ukuran standard kabel Eropa, yang pada umumnya sama dengan ukuran kabel listrik di indonesia. Sebagai contoh di atas, Skun Kabel SC 35 - 8, menunjukkan, skun kabel tersebut dapat digunakan untuk kabel ukuran 35mm2.

Nomor yang di belakang pada kapala kabel skun SC, menunjukkan ukuran lubang baut pada kabel skun SC tersebut. Seperti contoh di atas skun kabel SC 35-8, maka ukuran baut pada kepala kabel skun tersebut adalah baut M-8, yaitu diameter lubang untuk masuk baut pada skun adalah 8 mm.

Kabel skun SC banyak digunakan pada pemasangan breaker MCCB, Change Over Switch, tembaga busbar dan terminal block. Kabel skun yang baik, terbuat dari material tembaga berkualitas pilihan. Dengan menggunakan kabel skun yang berkualitas, proses crimping skun cable lebih mudah dan cepat. Kabel skun yang baik, tidak mudah pecah saat di-press, dan memiliki daya hantar listrik yang baik, sehingga alat listrik yang terpasang, dapat bekerja dengan optimal.

0 komentar:

Posting Komentar